Skip to main content

Trik Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Pencarian Google Paling Atas

Ketika Seorang Blogger ketika selesai menulis Artikel Postingan, Pastilah salah satu hal yang utama mereka lakukan adalah Mengupayakan bagaimana Cara Artikel tersebut dibaca oleh orang-orang, dikenali, diindex dan tampil di halaman Pertama Pencarian Search Engine lain seperti Bing, Yahoo dll. Kegiatan diatas dinamakan dengan SEO. Pengertian SEO itu sendiri yaitu singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti Suatu rangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang blogger/webmaster yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sebuah halaman web atau blog agar memiliki Visibilitas yang baik dan berdaya saing tinggi di mata mesin pencari.

   1. Riset dan Tentukan Judul, Tema dan Topik yang Pas dan Tepat yang Menarik Perhatian

Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan judul . Untuk blogger pemula yang memiliki blog atau website yang umurnya baru atau masih muda, Sebaiknya anda memilih Keyword atau Kata kunci yang berdaya saing rendah namun banyak dicari dan berbobot. Caranya lumayan gampang, anda tinggal ketikan Judul Artikel yang di inginkan di google lalu Lihat hasilnya, Jika hasil penelusuran  tidak menampilkan apa yang anda ketik, Maka judul tersebut berpotensi untuk menjadi No.1 di Google. Contohnya saya ketik di Google "Logo Sekolah SMA 1 Baleendah" atau "Cara Membuat Mouse Terbang", Jika hasil penulusan yang anda inginkan tidak muncul, maka Judul Tersebut Cocok untuk dijadikan Judul dari Artikel agar blog muncul di halaman pertama pencaian google.
Jika artikel anda berhasil menjadi yang pertama di google, itu sangat berguna untuk kedepanya agar rating blog anda meningkat di mata search engine. Dan Setelah rating blog/website anda meningkat maka PV (Page Views) pun akan meningkat. Dengan meningkatnya Tampilan Halaman maka Rank Blog agan di Alexa pun akan terus meningkat, Semakin kecil angka rank alexa maka semakin bagus kualitas sebuah website atau blog. Jika ranking blog sudah tinggi maka Apapun yang akan anda tulis akan mudah untuk tampil di page pertama pencarian google karena google telah mempercayai situs anda. Itulah alasanya mengapa blog atau web besar selalu berada di paling atas hasil pencarian. Untuk memudahkan anda dalam mencari sebuah keyword yang lagi hangat, trend dan banyak dicari oleh orang-orang, anda dapat menggunakan tool gratis dari Google Adwords yaitu Google Keyword Planner.

  2. Buat Artikel yang lengkap dan Panjang

Hal yang kedua yaitu mengenai isi content. Buatlah Artikel anda sepanjang dan selengkap mungkin (Minimal 400-500 Kata), Namun jangan berlebihan dalam memasukan keyword dan hindari kata yang berulang ulang. Beberapa webmaster dan google pun sepakat mengatakan bahwa "Content is King". Jika artikel anda bermanfaat dan berguna kemungkinan pembaca akan senang berlama-lama membaca di blog yang anda miliki. Itu berefek langsung pada Durasi Sesi Penayangan Artikel. Semakin lama Durasi Sesi maka semakin berpotensi artikel blog agan untuk muncul di google paling atas. Usahakan juga agar si pengunjung tetap berada di blog anda setelah membaca artikel yang mereka cari. Caranya yaitu buatlah "Artikel terkait" atau "Related Post" di tengah atau setelah Artikel. Hal ini bertujuan agar pengunjung tertarik untuk membaca artikel lain dan Mengurangi Bounce Rate. Bounce Rate yang baik yaitu diantara 50% Kebawah. Semakin kecil maka semakin baik. "Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website atau blog setelah hanya membuka satu konten atau artikel saja." Agar artikel anda bertahan di google, Usahakan isi konten lengkap. Jadi Semua isi artikel blog lain yang tampil di halaman pertama google harus ada di dalam artikel yang anda buat.

3. Daftar Ke semua tool search console Webmaster

yang Ketiga yang lumayan penting yaitu daftarkan blog/website anda ke Google Webmaster, Bing Webmaster dan Yandex Webmaster, Hal ini bertujuan agar blog atau website anda dibaca dan dikenali secara otomatis. Dengan Webmaster tool, anda dapat mengoptimalkan situs yang anda miliki. Hal yang wajib anda lakukan yaitu mensubmit sitemap dan melakukan hal yang diperintahkan tool tersebut. Jika Semua saran dan perintah webmaster tool sudah dilakukan dan diperbaiki maka situs website/blog anda akan semakin optimal di mata mesin pencari google. Khusus untuk Google webmaster, anda dapat melakukan fetch as google, caranya yaitu...

    Buat akun Google Webmaster Tool
    Daftarkan situs anda dan konfirmasi
    Masuk ke tab sebelah kiri dan klik Crawl dan Pilih Fetch as Google
    Biarkan form kosong
    lalu pilih desktop dan klik Fetch dan Fetch and Render,selesai



4. Submit Url ke Mesin Pencari setelah selesai mempublish Artikel (Paling Penting!)

Dan hal keempat yang paling penting dan wajib yaitu mensubmit url ke robot mesin pencari. Hal ini bertujuan agar judul artikel dan isi konten terbaca oleh mesin pencarian, mudah ditemukan dan tampil secara cepat di halaman pencarian ketika pengguna mengetikan keyword yang relevan dengan judul artikel yang anda buat. Jika hal ini telah terlewatkan maka jangan berharap postingan blog/website anda akan dikenali, dindex dan tampil dengan segara. Untuk memasukan blog ke search engine, berikut adalah caranya...

#Untuk memasukan url ke GOOGLE

    Untuk Memasukan ke Google, Anda masuk ke alamat URL Search Console https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
    Kemudian Login dengan akun gmail anda
    Lalu Masukan url artikel anda di form isian url, Contohnya "http://berbagitips18.blogspot.co.id/2017/09/cara-agar-artikelpostingan-ampuh.html"
    Terakhir isi CAPTCHA dan klik Submit Request
    Lakukan langkah diatas setiap anda membuat artikel baru.

#Untuk memasukan url ke Bing dan Yahoo
Jika mengirim url ke Bing dan Yahoo, kita hanya perlu mensubmit url artikel kita ke "Submit to Bing". Kenapa bisa begitu? Karena Microsoft selaku pemilik bing telah bekerjasama dengan Yahoo Search. Jadi ketika mensubmit ke satu situs saja yaitu Bing, maka artikel akan secara otomatis ikut tampil juga di Yahoo Search. Berikut Caranya...

    Masuk ke "Submit Your Site to Bing" http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
    Kemudian login dan gunakan akun microsoft
    Masukan Url artikel anda
    Isi CAPTCHA dan klik Submit

#Untuk memasukan url ke Yandex

    Buat akun yandex
    Masuk ke https://webmaster.yandex.com/site/dashboard/
    Tambahkan situs anda dan konfirmasi, ikuti sesuai instruksi
    Kemudian tambahkan sitemap anda di Index Setting > Sitemap files
    Masukan links sitemap anda dengan format seperti contoh berikut "https://berbagitips18.blogspot.co.id/sitemap.xml" ganti "https://berbagitips18.blogspot.co.id" dengan url blog anda
    Selesai

5. Share Artikel ke Social Media (Google+, Facebook, Twitter dan Lainya)

Hal terakhir yang tidak kalah penting yaitu Sharing. Setelah kita mempublikasikan Artikel baru, Bagikanlah artikel anda ke sosial media untuk mencari visitor pertama. makin banyak orang yang terjangkau maka semakin bertambah juga peluang artikel yang muncul di halaman pertama pencarian google. Cara ini sangat efektif dan telah saya buktikan sendiri, Apalagi jika visitor dan page view banyak dan banyak orang yang berkomentar. Hal ini benar-benar berguna untuk menambah nilai kualitas di mata mesin pencari google. Jika artikel sudah masuk Google, Visitor organik pun akan muncul seiring dengan waktu. Semakin lama dan semakin banyak artikel dibaca maka peringkat postingan anda pun akan terus naik di Google maupun Search Engine lain. tetapi, Hal ini sangat tidak direkomendasikan untuk blog/web yang memasang iklan dan bekerja sama dengan Google Adsense, Visitor dari Sosial Media dapat menyebabkan CPC turun dan Invalid Click.

Nah, Perlu di ingat bahwa meningkatkan ranking blog atau website itu butuh proses, tidak dapat secara instan. Anda harus konsisten, sabar dan pantang menyerah. Seiring waktu, jika anda rajin update blog anda maka visitor pun akan mengikuti dan akan terus bertamah banyak. Sebagai tambahan, Berikut adalah faktor dan tips lain untuk meningkatkan peringkat blog di google :

    Posting Artikel yang Ori/asli buatan sendiri dan Jangan Copas karena dapat memperburuk citra dan ranking Blog di mata Google dan Search Engine Lain. Jika sekali saja anda Copas maka kedepanya Blog/Web anda akan sulit untuk bersaing di halaman pencarian yang akan berakibat blog tidak muncul di google.

  •     Rajin Posting minimal 1 minggu sekali dan harus konsisten serta berkepanjangan.
  •     Gunakan Template SEO yang ringan, sederhana dan cepat. Jika bisa gunakan Template Premium.
  •     Optimalisasi SEO Secara berkepanjangan. Anda dapat menggali informasi dan ilmu lebih lanjut tentang SEO dasar, Banyak sekali Blog khusus tentang SEO. Anda dapat searching di google atau Membeli buku khusus tentang SEO.
  •     Gunakan Domain Berbayar sesuai Topik Blog.
  •     Rajinlah berkunjung dan berkomentar di blog orang, Siapa tau anda mendapat backlink dan kunjungan balik yang berguna untuk meningkatkan SEO.
  •     Jadikan blog berkesan bagi pembaca agar kedepanya mereka menjadi pembaca setia blog anda. Branding Blog sangat penting supaya blog anda semakin dikenal banyak orang.
  •     Konsisten dengan Topik dan Passion yang anda sukai agar blog tertuju ke kategori yang di tertarget. Jika membuat blog teknologi, buatlah artikel teknologi selalu, jangan membuat artikel lain seperti kesehatan atau asuransi atau sebaliknya.


Sedikit pesan dari admin, Teruslah Belajar karena Mastah pun pernah Newbie. Jika anda sangat serius maka jika tuhan berkehendak Anda akan menjadi Webmaster/Blogger Profesional yang mungkin melebihi penulis lainnya. Jangan pikirkar masalah uang karena jika sudah berhasil uang akan mengikuti dengan sendirinya. Untuk tambahan materi anda bisa membaca artikel 10 Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog.

Popular posts from this blog

Cara Mengecek Plagiarism (Plagiat/ Ke Originalan) Artikel(Menggunakan smallseotools)

Cara Mengecek Plagiarism (Plagiat/ Ke Originalan) Artikel 1. Buka http://smallseotools.com/plagiarism-checker/, lalu pastekan Output Text pada langkah 6 diatas 2. Klik Check Plagiarism *Note: Maksimal kata untuk mengecek plagiarism ini adalah 1500 kata, jika seandainya melebihi 1500, silahkan kurangi terlebih dahulu kemudian coba lagi 3. Biarkan dia membaca doa sebentar, lalu hasilnya akan muncul, artikel kita se unik apa dalam %. 4. Jika Artikel kita tidak 100 % Unique Content, maka langkah selanjutnya adalah 5. Cek bagian merah (yang tidak unik), di Copy, 6. Tekan CTRL + F, Lalu Paste dari sini kita mencari artikel yang tidak unik tersebut pada artikel utama (yang diatas, di tempat kita paste pada langkah 2), lakukan langkah 4 - 6 untuk semua bagian merah.. 7. Kemudian dihapus artikel yang tidak unik tersebut 8. Sekarang Kita mendapatkan artikel yang 100 % original Demikian Tutorial Cara Mengecek Plagiarism (Plagiat/ Ke Originalan) Artikel, Jika Artiket ini

Cara Membuat Artikel Copas Menjadi Unik (Original)(Menggunakan Spinner)

Cara Membuat Artikel Copas Menjadi Unik (Original) Dalam membangun sebuah trafik blog, kita dituntut untuk menulis konten yang unik untuk mendapatkan ranking (peringkat) yang bagus pada halaman pertama. Saya membuat trik cara copas artikel ini tidak untuk di aplikasikan di semua blog para blogger, bisa dikatakan bahwa trik ini TIDAK DIREKOMENDASIKAN. Maksud dari artikel ini sebenarnya untuk memudahkan para blogger-blogger untuk mencoba trik yangg mudah untuk mendaftar ke adsense 2015 yang sekarang ini sedang saya pelajari, karena cara mendaftar google adsense sekarang tidak sama seperti dulu, jika kita mendaftar adsense dari youtube, maka akunnya tidak bisa dikaitkan ke blog, tidak seperti dulu. trik ini juga bisa diterapkan pada pembuatan blog refering backling (soalnya pembuatan blog ini tidak ditujukan supaya dibaca para reader) yang akan saya jelaskan kapan kapan :D Cara Copas Artikel & Membuat Artikel Copas Menjadi Unik ikuti cara copas artikel berikut untuk M

Cara Mengatasi Blog yang Ditolak Google Adsense karna Navigasi yang Sulit

Cara Mengatasi Blog yang Ditolak Google Adsense karna Navigasi yang Sulit - Luar biasa bagi seorang blogger dengan keberhasilannya setelah sekian lama membuat dan membangun sebuah situs web atau blog terlibat dalam jaringan terbesar yakni Google adsense tentu menjadi kepuasan tersendiri dan raihan yang memuaskan hati. Dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemilik blog yang sudah sekian lamanya mengelola blog dengan baik secara memberikan dan menerbitkan artikel yang menarik kadang risau sebab setiap email permohonan agar menjadi mitra host atau non hosted di google adsense mengalami penolakan bukan hanya sekali, dua kali dan berkali-kali. Bahkan setelah mengatasi blog sesuai saran dari tim penilai google adsense dengan seksama apa yang kiranya sudah dibenahi dari kaidah RWDnya, konten artikel yang berisikan kalimat dan paragraf yang lengkap bukan hanya sekadar judul, serta tempatkan sistem navigasi yang jelas agar tiap pengunjung menemukan semua laman dan bagian laman dalam s